Wow ! Atlet Difabel Terima Bonus Rp309 Miliar, RI Raih Juara Umum ASEAN Para Games XI 2022

DIKSI SPORT0 Dilihat

DiksinasiNews.co.id, DIKSI SPORT – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan bonus apresiasi mencapai Rp309 miliar untuk para atlet difabel yang meraih medali di kompetisi ASEAN Para Games XI 2022 di Manahan, Surakarta, Jawa Tengah Agustus lalu.

Penghargaan itu ia serahkan langsung secara simbolis oleh kepada perwakilan setiap cabor di halaman depan Istana Merdeka, Senin (28/11/2022).

Total medali yang berhasil para atlet raih, berjumlah 425 keping yang terdiri dari 175 emas, 144 perak, dan 106 perunggu.

Dengan pencapaian medali sebanyak itu, alhasil mengantarkan kontingen Indonesia pada posisi puncak hingga akhirnya memenangkan predikat juara umum.

Mengutip Menpan.go.id, peraih medali emas tunggal mendapatkan hadiah sebesar Rp500 juta, emas ganda masing-masing Rp400 juta, emas beregu Rp350 juta. Kemudian, perak tunggal mendapat bonus sebesar Rp300 juta, perak ganda Rp240 juta, dan perak beregu Rp210 juta. Sementara perunggu tunggal menerima Rp150 juta, perunggu ganda Rp120 juta, perunggu beregu Rp150 juta.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, selain membanggakan, prestasi kali ini memberikan inspirasi bagi bangsa.

Semoga nanti di ASEAN Paragames XII dan XIII raihan prestasi ini bisa kita pertahankan,” ujarnya.

Di samping itu, Menpora Zainudin Amali menyebut ASEAN Para Games kali ini menjadi momentum menghidupkan kembali semangat kesetaraan, produktivitas, dan inklusivitas, tanpa membedakan. Pemberian bonus yang sama dengan wakil SEA Games kepada para atlet difabel, disebut Zainudin sebagai salah satu bentuk dari kesetaraan itu.

Empat kunci kesuksesan Indonesia

Empat kesuksesan Indonesia dalam ASEAN Para Games 2022
Kesuksesan Indonesia dalam ASEAN Para Games 2022 menurut Zainudin tak hanya diperoleh dari predikat juara umum. Tapi, ada empat poin keberhasilan negara ini pada pesta olahraga difabel se-Asia Tenggara itu.

Pertama, dengan waktu persiapan yang kurang dari 5 bulan, Indonesia sukses menjadi tuan rumah ajang tersebut. Semua pihak yang terlibat telah menyelenggarakan acara ini dengan baik. Kedua, tentu saja prestasi. Pencapaian para atlet disebut melebihi target yang ditetapkan, yakni 100 medali.

Sukses yang ketiga, berkat kemeriahan ASEAN Para Games 2022, perekonomian masyarakat di wilayah Jawa Tengah meningkat secara signifikan. Sejak persiapan hingga acara selesai, banyak sektor yang meraup pendapatan berkali lipat dari biasanya.

“Hotelnya penuh, transportasi susah kita cari, tempat-tempat makan penuh dan sebagainya. Ini akibat dari penyelenggaraan event ini berdampak pada menggeliatnya ekonomi daerah,” terang Zainudin.

Yang terakhir, Indonesia juga sukses dalam hal administrasi. Untuk mencegah penyelewengan uang negara, pihak penyelenggara mengerahkan pendampingan dari Badan Pengawas keuangan dan Pembangunan, Kejaksaan Agung, dan Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah.

Posting Terkait

https://diksinasinews.co.id/wp-content/uploads/2022/11/PEmasangan-iklan-diksinasi-portrait-1000-×-1000-px.gif

Jangan Lewatkan