Prediksi Pertandingan Piala Dunia Jerman vs Jepang, Skuad Samurai Biru Harus Bisa Bangkit 

Dksinasinews.co.id, Qatar – Tim raksasa asal Eropa Jerman bertemu wakil Asia Jepang pada laga awal Piala Dunia 2022 Grup E. De Panzer lebih mengungguli dan lebih berpeluang membawa pulang tiga poin di Khalifa Stadium, Rabu (23/11/2022) malam.

Selain keunggulan para pemain yang memang mempunyai skil di atas rata-rata, peringkat juara piala dunia pada 2014 lalu salah satunya menjadi alasan kuat asuhan Hansi Flick ini berpeluang menang.

Akan tetapi, Jerman tidak boleh lengah. Mereka tetap harus mewaspadai skuad samurai biru ini, lantaran mereka adalah salah satu kuda hitam dengan pemain muda bertalenta

Melansir berbagai sumber, terdapat 2 kali pertemuan Jerman vs Jepang yang semuanya terjadi dalam tajuk laga persahabatan. Tahun 2004 Jerman menang telak 3-0 melalui gol Miroslav Klose (2 gol) dan Michael Ballack.

Dua tahun berselang, dalam masa persiapan jelang Piala Dunia 2006, kedua negara bermain imbang 2-2. Jepang sempat unggul melalui dua gol Naohiro Takahara. Tapi Jerman menyamakan skor lewat Klose dan Bastian Schweinsteiger.

Der Panzer juga menuai hasil positif dalam laga ujicoba terakhir jelang dimulainya Piala Dunia 2022. Mereka sukses mengalahkan Oman berkat gol tunggal Niclas Fullkrug. Kemenangan itu jelas menambah rasa percaya diri skuad Die Mannschaft, julukan lain Timnas Jerman, jelang duel kontra Jepang.

Peluang Jerman untuk memenangkan pertandingan lebih besar daripada Jepang.

Bagaimanapun kualitas pemain tim asuhan Hansi Flick lebih baik daripada tim asuhan Hajime Moriyasu. Berdasarkan ranking FIFA, Timnas Jerman juga lebih unggul daripada Jepang, yakni ranking 11 berbanding 24.

Manuel Neuer selaku kapten tim mengingatkan rekan-rekannya untuk tetap tenang di laga nanti.

“Kami harus tetap tenang sekalipun kami bisa memulai laga dengan bagus. Kami punya kekuatan dan punya pemain yang bagus dalam situasi satu lawan satu. Jika kami bisa memanfaatkan itu, kami punya peluang bagus,” kata Neuer seperti mengutip dari laman resmi DFB.

Di sisi lain jelang tiba di Qatar, Jepang kalah 1-2 di tangan Kanada dalam laga ujicoba terakhirnya. Unggul melalui gol Yuki Soma pada menit 9, Jepang malah terkena comeback dari wakil Amerika Utara itu. Sepasang gol balasan Kanada diciptakan Steven Vitoria menit 21, lalu gol penalti Lucas Cavallini menit 95.

Moriyasu merasa kecewa dengan hasil tersebut karena bisa berimbas terhadap kepercayaan diri tim. Tapi sang pelatih memandang bahwa kekalahan itu datang di saat yang tepat.

“Kami sebenarnya ingin menang (lawan Kanada) untuk mendapatkan momentum dan demi suporter. Secara hasil ini tentu mengecewakan jelang laga melawan Jerman. Tapi hasil ini bisa menjadi bahan evaluasi yang bagus,” ucap Moriyasu, melansir laporan laman JFA.

Jepang si Kuda Hitam

Der Panzer akan membuktikan ketajamannya pada Piala Dunia 2022. Masuknya Leroy Sane dan Kai Havertz akan menambah daya gedor bagi Jerman sepanjang berlangsungnya Piala Dunia 2022, khususnya di fase grup.

Sementara, Jepang juga memiliki potensi sebagai tim ‘kuda hitam’ di Grup E yang juga ada Spanyol dan Kosta Rika.

Salah satu andalan Asia ini memiliki Yuto Nagatomo dan Takuma Minamino sebagai tumpuan utama. Kemenangan di laga perdana menjadi tujuan tim jika ingin membuka peluang untuk lolos dari salah satu grup neraka di Piala Dunia 2022.

Kai Havertz bakal mengisi posisi striker tunggal Jerman dalam laga kali ini, kendati Flick masih punya opsi dalam diri Fullkrug atau Karim Adeyemi. Leroy Sane atau sang veteran Thomas Muller siap menyokong untuk mencetak gol.

Sementara Jepang mengandalkan komposisi pemain yang memadukan skuad yang berasal dari liga domestik dan luar negeri. Ada tiga pemain kunci yang jadi nyawa lini depan Samurai Biru, yakni Takefusa Kubo, Kaoru Mitoma, dan Takumi Minamino. Kemudian tim ini bisa mengandalkan pemain yang bermain di Bundesliga bersama klub Eintracht Frankfurt, Daichi Kamada. (tcm/scn/m23)

 

Perkiraan Susunan Pemain: 

 

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; Lukas Klostermann, Niklas Sule, Antonio Rudiger, David Raum; Joshua Kimmich, Leon Goretzka; Thomas Muller, Serge Gnabry, Leroy Sane; Kai Haverz.

 

Jepang (4-2-3-1): Eiji Kawashima; Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Ko Itakura, Yuto Nagatomo; Wataru Endo, Gaku Shibasaki; Kaoru Mitoma, Daichi Kamada, Takefusa Kubo; Takumi Minamino.

1 komentar

Komentar ditutup.