Android dan Iphone Diblokir Permanen oleh Whatsapp Karena Sistem Operasi Terlalu Jadul

DIKSI TEKNO12 Dilihat

DiksinasiNews.co.id, JAKARTA–  Android dan Iphone seakan tak pernah berhenti bersaing dalam menggaet para konsumennya. Namun ada yang menarik kali ini, untuk pertama kalinya dalam sejarah kedua System Operasi ponsel pintar ini bersepakat akan satu hal.

Maksud dalam hal kesepakatan tersebut bukan dalam hal bisnis. Melainkan tentang kesiapan keduanya menghadapi perkembangan teknologi. Mereka sepakat bahwa jutaan iPhone dan Android tak akan bisa memakai WA lagi mulai besok, Senin (24/10/2022) lantaran sistem operasinya sudah terlalu usang atau jadul.

Lantas perangkat dengan sistem apa saja yang akan tersingkir oleh aplikasi yang pemiliknya adalah Mark Zuckerberg ini?

Berikut ini kami sebutkan beberapa perangkatnya :

Daftar perangkat yang diblokir

Android 4.1 Jelly Bean ke bawah dan iPhone yang menjalan iOS 11 ke bawah, menjadi korban pertama yang harus merelakan tidak bisa memakai whatsapp lagi setelah BlackBerry menjadi tumbal perdana beberapa tahun silam. Begitulah isi pernyataan laporan tersebut, mengutip dari laman resmi Whatsapp.

“WhatsApp selalu menghentikan dukungan untuk beberapa versi Android dan iOS, dengan demikian memungkinkan perusahaan memperkenalkan fungsionalitas tertentu yang mungkin tidak berfungsi pada sistem operasi lama,” jelas salah satu petinggi aplikasi itu.

Apple pantas jumawa di kesempatan ini, pasalnya tak banyak yang terdampak dari penyetopan dukungan ini. Perusahaan besutan mendiang Steve Jobs ini menyebutkan jika tak banyak iPhone yang mentok di iOS 10 ataupun iOS 11. Hanya beberapa seri saja seperti iPhone 5, iPhone 5C dan sebelumnya yang terpengaruh oleh aturan tersebut, sebab kedua ponsel ini hanya mentok di iOS 10.

Upgrade

Namun demikian untuk pengguna iPhone 5s jangan senang dulu, sebab masih terancam tidak dapat menggunakan WA apabila masih menjalankan iOS 11. Karena itu disarankan untuk segera melakukan upgrade ke iOS 12.

“Jika masih iOS 10 atau iOS 11, Anda perlu memperbarui ke iOS 12 untuk terus menggunakan WA itu berarti Anda masih dapat terus menggunakannya di iPhone 5S, iPhone 6, dan iPhone 6S, tetapi Anda perlu memperbarui versi iOS Anda. Sayangnya, WhatsApp tidak lagi kompatibel dengan iPhone 5 dan iPhone 5C karena iOS 12 tidak tersedia untuk perangkat ini,” kata WABetaInfo.

https://www.whatsapp.com/
https://www.whatsapp.com/

WhatsApp lewat situs pusat bantuan, minimal pengguna memakai iOS 12 atau yang lebih baru untuk terus menggunakan layanan. Bagi pengguna iPhone 5 atau 5c mungkin sudah saatnya beralih ke versi terbaru.